Blog Mom Pembelajar

Motivasi Diri: Menyapa Dirimu Sendiri

Posting Komentar

 Menyapa Dirimu Sendiri

Oleh : Asih Drajad Lumintu

www.mompembelajar

Pagi telah datang, Sudahkah Moms sapa diri sendiri? 

Ya, menyapa diri sendiri adalah pertanda Moms peduli dan menyayangi diri sendiri. 

Bukankah jika Moms bertemu dengan orang lain, biasanya Moms akan tersenyum dan menyapanya dengan beberapa kata, "Selamat pagi. Apa kabar?" Atau beragama sapaan lainnya. Aktivitas saling menyapa kepada pihak di luar dirimu memang hal penting dalam komunikasi sosial.

Ucapan sapaan itu pun sering ditujukan kepada seseorang yang belum Moms kenal, sebagai ekspresi bahwa Moms perhatian, menghormatinya, ingin berkenalan, dan sebagainya. Manusia adalah makhluk sosial yang selalu berinteraksi dan membutuhkan orang lain. Aktivitas menyapa kepada pihak di luar diri sering Moms lakukan, tetapi jangan sampai lupa menyapa diri sendiri. 

Ada sebuah pepatah mengatakan, 

"Tak kenal, maka tak sayang." 

Menyapa adalah pintu masuk perkenalan. Bagaimana bisa mengenal, jika seorang jarang menyapanya? Maka tak heran, jika belakangan ini banyak permasalahan yang timbul, karena seseorang tak mengenal  dirinya sendiri. Ia tak tahu apa yang hendak dilakukannya? Tak menyadari kenapa ia bisa bersikap di luar kendalinya?  Tidak bisa mengendalikan diri. karena gagal mendeteksi apa yang sedang dirasakannya, dan sebagainya.

Menyapa dirimu sendiri adalah cara untuk memahami dirimu, Moms. 

Perasaan negatif yang timbul seperti rasa cemas berlebihan, bimbang, insecure, menyalahkan diri, dan tidak mengerti apa yang diinginkan diri sendiri merupakan indikasi seseorang kehilangannya dirinya. Menyapa diri adalah upaya untuk menemukan  diri yang hilang, sehingga bisa menerima dirinya secara baik. Jika menyapa orang lain adalah hal positif dan membantu menguatkan dirinya, maka dirimu sendiri juga berhak mendapatkannya, Moms. Menyapa diri sendiri akan membantu, menghibur dan memahami diri lebih mudah. 

Nikki Giovanni, aktivis Amerika Serikat pernah menulis dalam bukunya, Learn to Understand Yourself Before You Learn to Understand Others, bahwa seseorang tidak akan pernah bisa memahami orang lain jika belum memahami diri sendiri. Seseorang tidak akan mampu melakukan hal yang positif untuk orang lain sebelum ia mampu melakukan hal itu kepada dirinya sendiri. Peduli kepada diri sendiri menjadi kunci keberhasilan kamu di dunia sosial. Karena bila kamu berhasil membahagiakan dirimu sendiri dengan hal yang positif, maka kamu akan mampu membahagiakan orang di sekitarmu. 

Lantas bagaimana cara Moms menyapa diri sendiri? 

Berikut di antara langkah menyapa diri sendiri saat membuka harimu, Kawan. 

1. Buka pagi harimu dengan kesyukuran. Berdoalah dalam setiap aktivitas harianmu. Membuka hari dengan berdoa adalah tanda pengakuan bahwa kekuatan hanya milik Allah, Pencipta dirimu. Kamu memohon pertolongan dariNya, Pencipta Yang Maha Kuat dalam setiap amalmu di hari itu. Mendoakan dirimu sendiri terlebih dahulu adalah baik dilakukan sebelum berdoa untuk orang lain

“Ya Tuhanku, beri ampuni aku dan kedua orang tuaku dan untuk orang-orang berikanlah pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).’’ (QS Ibrahim ayat 41)

‘’Nabi Muhammad ketika menyebut seseorang kemudian mendoakan orang tersebut, maka beliau memuliakan dengan doa untuk diri sendiri terlebih dahulu.” (HR Tirmidzi).

Maka berdoalah untuk dirimu sendiri dalam harimu, sebelum mendoakan orang lain. 

2. Memulai dari diri sendiri. 

Ibda binafsika tsuma man ta'ulu. 

"Mulailah dari dirimu, lalu orang-orang yang ada di sekitarmu"

Berkacalah kamu di cermin. Tersenyumlah pada dirimu sendiri. Apakah kamu senang melihat dirimu sebagaimana kamu melihat orang lain?

Mulai sapa dirimu dengan pertanyaan, 

"Bagaimana kabar diriku hari ini?"

Menyapa, menyelami dirimu sendiri sehingga bisa berdamai dengan diri sendiri akan membenahi diri semakin baik dari hari ke hari.

3. Belajar mendengarkan keinginan hatimu. 

Keinginan hati terkadang seperti firasat yang bisa menjadi pilihan terbaik menyelesaikan solusi masalahmu, dibanding keputusan dari perkataan orang lain. Merenung dan mendengarkan keinginan hatimu akan membuat dirimu semakin memahami apa potensi dirimu. Kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki.

4. Ucapkan afirmasi positif untuk dirimu sendiri tatkala membuka pagimu. Ucapan itu akan mengirimkan pesan kepada dirimu dan akan beresonansi dengan lingkungan sekitarmu. Ibarat doa yang membubung tinggi ke angkasa dan menjadi terkabul.

"Barangsiapa yang menghendaki kemuliaan, maka bagi Allah-lah kemuliaan itu semuanya. Kepada-Nya-lah naik perkataan-perkataan yang baik dan amal yang saleh dinaikkan-Nya ..."( QS Fatir:10)

Menyapa diri sebelum mengapa orang lain akan membuat dirimu:

1. Bahagia dan menerima diri sendiri. Saat kamu mendengarkan suara hatimu, tujuan hidupmu semakin jelas dan terarah.

2. Semakin mengenal dan memahami potensi dirimu sendiri, passion yang kamu miliki yang belum tergali dengan baik selama ini.

3. Semakin bersyukur. Apresiasi setiap keberhasilan yang kamu capai. Sekecil apapun target yang berhasil kamu peroleh, akan membuat dirimu nyaman dan tenang. 

4. Berdamai dengan masa lalu yang tidak menyenangkan. Melanjutkan aktivitas sekarang dengan rasa bahagia, tanpa beban yang menghambatnya.

Menyapa dirimu adalah  waktu yang berkualitas untuk dirimu, Kawan. 

Maka sempatkan setiap hari buat melakukannya.

Semangat Pagi. 

Selamat menyapa dirimu, Moms

www.mompembelajar.com


Related Posts

Posting Komentar