Blog Mom Pembelajar

Motivasi : Afirmasi Kebaikan

Posting Komentar

 AFIRMASI KEBAIKAN

Oleh: Asih Drajad Lumintu

www.mompembelajar.com

Bagaimana kabarmu pagi ini, Moms? Bukalah jendela kamarmu. Udara segar akan kamu rasakan bersama sisa dingin malam. Pagi datang menyapamu untuk melakukan amal baik, lagi dan lagi. Jika kemarin pekerjaanmu belum optimal, maka kuatkan niat, semoga hari ini lebih baik dari hari kemarin.

"Barangsiapa hari ini lebih baik daripada hari kemarin, maka ia adalah orang yang beruntung. Barangsiapa hari ini sama dengan hari kemarin, maka ia adalah orang yang merugi. Dan barangsiapa hari ini lebih buruk daripada hari kemarin, maka ia adalah orang yang terlaknat" (Ali bin Abi Thalib). 

Sebagaimana Allah memotivasi hambaNya untuk mengevaluasi diri agar semakin baik. 

"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah disiapkannya untuk hari esok; dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS Al- Hasyr: 18).

Maka beruntunglah kamu, Moms. Jika pagimu dibuka dengan pendekatan diri kepada Allah, Zat Pencipta melalui salat dan zikir. Ibadah salat adalah sarana komunikasimu dengan Allah. Di dalamnya terlantun doa-doa kebaikan bagimu. Bukankah salat membuat semakin kokoh visi hidupmu?. Memvisualkan prinsip hidupmu dalam beberapa menit secara rutin. Berpikir tentang diri, lingkunganmu secara tenang dan jernih. Berdialog dengan dirimu sendiri.

" ... Sesungguhnya salatku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. ( QS Al - An'am:162).

Ini adalah deklarasi yang dapat menjadi afirmasi positif buatmu setiap hari

Moms, belakangan ini kerap terdengar istilah afirmasi dalam psikologi. Afirmasi upaya membangun kepercayaan diri seseorang. Menurut KBBi afirmasi bermakna, penetapan yang positif, penegasan, peneguhan. Pernyataan atau pengakuan yang sungguh-sungguh. 

Konsep afirmasi diri adalah sebuah kemampuan dalam mengelola perilaku dan pikiran agar tetap dalam kondisi yang diinginkan. 

Penegasan kepada diri sendiri untuk menghentikan pikiran negatif dengan cara menggantinya dengan berpikir positif. Afirmasi positif membantu memvisualisasikan kepercayaan, membuat perubahan positif dalam hidup.

Teori diri terkait afirmasi merupakan teori psikologis. Pertama kali diusulkan oleh Claude Steele (1988). 

Afirmasi Positif dipercaya bisa membantu seseorang untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dalam hidupnya. Keuangan, karir, bisnis, Hubungan, cinta, masalah batin, trauma, hingga penyakit.

“Kenyataan hanyalah persepsi Anda. Jika Anda ingin mengubah kenyataan hidup Anda, mulailah dengan mengubah persepsi Anda.” (Dr. Ibrahim Elfilky). 

Pernahkan kamu merenung, Moms

Bahwa setiap pikiran yang kamu pikirkan, setiap kata yang kamu ucapkan adalah suatu penegasan pada dirimu sendiri. Itu bisa menjadi aliran afirmasi yang mengalir sepanjang hidupmu lewat keyakinan dan pengalaman. Kamu pun menerima pola pikir yang telah berkembang sejak masa kanak-kanak. Ada nilai positif bagi kehidupanmu, tetapi mungkin banyak  yang berefek negatif dan menimbulkan trauma.

Psikologi membagi pikiran menjadi : pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. 

1. Pikiran sadar merupakan bagian dari pikiran  yang bertanggung jawab untuk logika dan penalaran. Pikiran sadar adalah penjaga pintu gerbang bagi pikiran. Jika kamu ditanya tentang jumlah satu ditambah satu, maka pikiran sadar kamu yang akan digunakan untuk menyelesaikannya.  

Kamu melakukannya 100% secara sadar. Pikiran sadar pun mengontrol semua tindakanmu pada setiap niat. Seperti, kamu hendak berdiri, duduk atau berjalan satu langkah. 

2. Pikiran Bawah Sadar

Pikiran bawah sadar bekerja secara terpisah dari pikiran sadar. Meskipun pikiran sadar dan bawah sadar bekerja secara bersama-sama, dan proses kesadaran dan proses berpikir yang berlangsung pada masing-masing pikiran, respon yang diberikan berbeda. Namun kedua pikiran ini saling mempengaruhi.

Pikiran bawah sadar mendengar, melihat atau merespon hal-hal yang tidak tertangkap oleh pikiran sadar. Pikiran bawah sadar bisa memikirkan hal-hal yang berbeda dengan yang dipikirkan pikiran sadar. Pikiran bawah sadar memiliki ketertarikan pada hal yang ia sukai. Tetapi belum tentu menarik bagi pikiran sadar. Pikiran bawah sadar dapat mengendalikan aktivitas fisik tanpa disadari oleh pikiran sadar dan dapat mengungkapkan idea atau pemikiran yang berada di luar jangkauan pikiran sadar. Pikiran bawah sadar dikenal sebagai gudang informasi. 

Nah, afirmasi adalah pengoptimalan pikiran bawah sadar. Memasuki pikiran bawah sadar akan  memungkinkan kamu untuk mengendalikan kehidupan. Beberapa teknik subconscious reprogramming (memprogram kembali pikiran bawah sadar), accelerated learning ( mempercepat proses pembelajaran), pemecahan masalah dan pengambilan keputusan secara kreatif, maupun membangkitkan intuisi dan kreatifitas adalah di antara teknik afirmasi. Beberapa tahapannya, adalah:

1. Relaksasi

Untuk masuk ke pikiran bawah sadar, kita harus membuka filter reticular activating system dengan cara melakukan relaksasi. dan teknik Membangun Tempat Kedamaian. Tempat Kedamaian yang dimaksud disini adalah suatu tempat imajiner dalam pikiran kita yang kita bangun untuk menenangkan pikiran kita. Setiap kita membayangkan tempat itu kita merasa rileks dan seluruh beban pikiran kita terlepas.

2. Afirmasi

Afirmasi adalah cara yang paling mudah dan sederhana untuk mempengaruhi pikiran bawah sadar kita. Afirmasi berupa pernyataan pendek dan sederhana. Seperti doa atau berupa ayat-ayat Kitab Suci yang kita sampaikan terus menerus dan berkali-kali kepada dirimu sendiri

Pada saat melakukan afirmasi sesungguhnya kamu sedang mempengaruhi keadaan pikiran bawah sadarmu  Untuk memulainya, kamu perlu memikirkan tujuan , apa yang kamu inginkan terjadi, atau apa yang ingin kamu lakukan. Bisa saja dalam kehidupan pribadimu, bisa dalam pekerjaan, maupun hal lainnya.

Contoh kalimat afirmasi positif :

“Aku bersemangat hari ini!”

“Aku tenang dan tak tergoyahkan”

“Aku merasa bertenaga”

Ulangi terus beberapa kali, hingga kamu yakin. 

Kamu juga bisa menuliskan kalimat afirmasi itu di mana saja yang mudah langsung terlihat oleh mata. Bisa di diary, daftar tugas harian, daftar belanjaan, ataupun mading pribadi kita. Yakinkanlah. Setiap kali kamu melihatnya, ulangi lagi kalimat tersebut sebanyak dua, tiga, atau hingga kamu merasa diteguhkan kembali.

Semangat pagi. 

Selamat mencoba, Moms

Salam Hangat, 

www.mompembelajar.com


Related Posts

Posting Komentar