Blog Mom Pembelajar

Motivasi Diri: Bacalah Kitab Sucimu, Al-Qur'an

Posting Komentar

 BACALAH KITAB SUCIMU, AL-QUR'AN

Oleh : Asih Drajad Lumintu

www.mompembelajar.com

Pagi kembali menyapamu, Moms 

Rasakan denyut kesibukan para penghuni rumah dimulai. Ada yang mulai memegang gawai, ada yang memanaskan kendaraannya. Ada yang mandi hendak ke kantor dan ada yang menyiapkan sarapan pagi. Beragam kegiatan di pagi, tanda dimulai hari. Beruntunglah jika di sela kesibukan pekerjaan itu, ternyata kamu masih bisa membaca Alqur'an, kitab sucimu, Moms.

Bagaimana pendapatmu, jika kamu membeli satu mobil baru yang didesain secara khusus di zaman ini. Bersama produk tersebut disertakan buku petunjuk penggunaan dan pemeliharaan mobil itu agar terawat, awet dan selamat bagi penumpangnya. Apakah kamu yakin akan membaca buku petunjuk itu? 

Setelah membacanya, apakah kamu akan melaksanakan segala aturan dan petunjuk perawatan mobil itu?  

Nah, seperti itulah ibarat kamu dan kitab sucimu, Al-Qur'an, Moms

Al-Qur'an itu adalah buku petunjuk yang ajaib. Ia adalah mukjizat, wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam melalui malaikat Jibril. Di dalamnya termaktub risalah perintah, larangan yang bisa membawa setiap manusia ke jalan yang lurus, penuh kebaikan. 

Jika membaca koran mendatangkan manfaat tatkala kamu mengerti dan memahami isinya, maka membaca Al-Qur'an mendatangkan banyak kebaikan sekalipun kamu belum memahami artinya secara mendalam. Bacaan Al-Qur'an-mu akan menarik kecintaan dan keberkahan Allah di hari-harimu. Sejatinya interaksimu dengan Al-Qur'an menunjukkan seberapa besar keimananmu. Bukankah salah satu rukun Iman adalah beriman kepada kitab sucimu, Al-Qur'an? 

"Sungguh, Al-Qur'an ini memberi petunjuk ke (jalan) yang paling lurus dan memberi kabar gembira kepada orang mukmin yang mengerjakan kebajikan, bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar."(QS Al Isra:9)

Alangkah istimewa, jika  petunjuk keselamatan hidup berupa ayat-ayat Al-Quran kamu baca, hafalkan, pahami dan amalkan.

"  ... Dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan." (QS Al Muzzammil:4) 

Di antara keutamaan dan manfaat kamu membaca Al-Qur'an adalah:

1. Menjadi syafaat (penolong) pembacanya. 

Moms, pertolongan Allah akan datang kepadamu di dunia dan akhirat, tatkala kamu membaca kitab sucimu, Al-Qur'an. 

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, 

“Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat.” (HR. Muslim)

2. Menjadi sebaik-baik manusia. 

Inilah keajaiban jika kamu mempelajari dan mengajarkan Al-qur'an. 

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Tirmidzi)

3. Memperoleh kebaikan yang banyak. 

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur'an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut. satu kebaikan dilipatkan menjadi sepuluh kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan Alif Lam Mim, satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi). 

Bayangkan Moms, jika sejenak saja kamu luangkan waktu dalam sehari untuk membaca Al-qur'an, maka limpahan kebaikan dari Allah akan kamu peroleh. 

4. Al-Qur'an adalah obat segala penyakit.

Salah satu nama Alquran ialah Asy-Syifa yang berarti obat penyembuh.

Membaca Al-Qur'an akan membuat kerasaan, hati dan pikiranmu menjadi tenang. 

"Wahai manusia. Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Alquran) dari Tuhanmu. Penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman. (QS Yunus: 57).

"Katakanlah, ‘Alquran ialah petunjuk dan penyembuh bagi orang-orang yang beriman."(QS Fushshilat: 44).

5. Membahagiakan kedua orang tuanmu. 

Jika kamu membaca, menghafal dan mengamalkan Al-Qur'an, maka keberuntungan bukan hanya untukmu saja, tetapi diperoleh kedua orang tuamu juga. 

“Siapa yang membaca Al-Qur’an serta berusaha mengamalkannya, maka kelak di hari Kiamat kedua orangtuanya akan diberi mahkota yang bersinar lebih baik daripada sinar matahari di dunia ....” (HR. Abu Dawud).

6. Peringatan bagi yang melalaikan Al-Qur'an.

“Sesungguhnya orang yang di dalam dadanya tidak ada sedikitpun Al-Qur’an, maka seperti rumah yang hancur.” (HR. At-Tirmizi).

Rumah yang hancur, berkeping-keping tidak membuat nyaman dan tenteram penghuninya. Itulah perumpamaan orang yang meninggalkan berinteraksi dengan Al-Qur'an.

7. Menjadi keluarganya Allah. 

“Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga di antara manusia, para sahabat bertanya, “Siapakah mereka ya Rasulullah?” Rasul menjawab, “Para ahli Al Qur’an. Merekalah keluarga Allah dan hamba pilihanNya” (HR. Ahmad). 

Para ulama menyebut, 

Ahlul qur’an adalah orang yang berpedoman dengan Al-Qur’an (dalam gerak-gerik kehidupannya) dan tidak sebatas penghafal saja. Ia menjadikan Al-Qur’an sebagai panutan. Mereka mengambil fiqih, hukum-hukum dari Al-Qur’an, serta menjadikannya sebagai pedoman dalam beragama."

Betapa banyak keutamaan membaca, menghafal dan mengamalkan Al-Qur'an itu, Moms. Semoga ada bagian waktu dari harimu dipakai berinteraksi dengan kitab sucimu. 

Allahummarhamna Bil Quran. Waj’alhulanna Imaaman Wa Nuuran Wa Huda Wa Rahmah. Allahumma Dzakkirna Minhu maa Nusiina. Wa’allimna Minhu maa Jahiilna. Warzuqna Tilaawatahu Aana Al Laili Wa Athro Fannahaar. Waj’alhulanna Hujjatan. Yaa Rabbal ‘Aalamin.

Ya Allah Berilah kasih Sayangmu kepada kami dengan Al-Qur'an.

Jadikanlah Al-Qur'an sebagai pemimpin, sebagai cahaya dan petunjuk, serta rahmat bagi kami. Ajarilah apa-apa yang kami belum tahu dari isinya

Karuniakanlah kami untuk selalu sempat membaca Al-Qur'an baik di waktu malam maupun siang hari. Dan jadikanlah Al-Qur'an ini sebagai pembela bagiku. 

Ya Allah, Tuhan Semesta Alam

Semangat Pagi, Moms

Selamat beraktivitas!. 

Salam Hangat, 

www.mompembelajar.com


Related Posts

Posting Komentar